Pengantar
SKU sebagai alat pendidikan didalamnya pada dasarnya mencakup aspek area pengembangan, kompetensi dan materi sebagai bagian untuk mencapai tujuan pendidikan Gerakan Pramuka. SKU sebagai sebuah acuan pendidikan kepramukaan atau kurikulum pendidikan dalam implementasinya membutuhkan peran dan tanggungjawab pembina yang sangat besar. Oleh sebab itu para pembina dituntut untuk mampu mengembangkan berbagai kegiatan kreatif, rekreatif, inovatif dan edukatif dalam membimbing dan menguji para peserta didik sesuai dengan acuan yang ditetapkan.
SKU sebagai alat pendidikan didalamnya pada dasarnya mencakup aspek area pengembangan, kompetensi dan materi sebagai bagian untuk mencapai tujuan pendidikan Gerakan Pramuka. SKU sebagai sebuah acuan pendidikan kepramukaan atau kurikulum pendidikan dalam implementasinya membutuhkan peran dan tanggungjawab pembina yang sangat besar. Oleh sebab itu para pembina dituntut untuk mampu mengembangkan berbagai kegiatan kreatif, rekreatif, inovatif dan edukatif dalam membimbing dan menguji para peserta didik sesuai dengan acuan yang ditetapkan.
Acuan materi SKU Penggalang Ramu, adalah sbb :
PENGEM- BANGAN | STANDARD KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR | MATERI SKU | PENCAPAIAN PENGISIAN SKU |
SPIRI- TUAL | Taat beribadah sesuai agama dan kepercaya-annya dan mampu hidup rukun dalam keberagaman tanpa adanya diskriminasi. | Dapat melaksanakan ibadah sesuai dengan agama dan kepercayaan atas kemauan sendiri dan mengetahui adanya perbedaan keyakinan | 1. Selalu taat menjalan-kan ibadah agamanya secara pribadi atau-pun berjamaah | a. Pemberian penugasan pengamatan kepada Orang Tua, akan kebiasaan putera/ puterinya menjalankan ibadah di rumah b. Tahu sebutan nama pe-mimpin umat dari setiap golongan agama |
2. Dapat mengetahui dan menjelaskan hari - hari besar agama di Indonesia. | a. Menyebutkan Hari libur Nasional ke-agamaan di Indonesia, sesuai golongan agamanya b. Menyebutkan Hari keaga-maan nasional di Indo- nesia, sesuai golongan agamanya | |||
3. Dapat menyebutkan agama-agama yang ada di Indonesia serta nama tempat ibadahnya. | a. Dapat menggambarkan lambang/ikon dari setiap agama di Indonesia b. Dapat menyebutkan waktu pelaksanaan ibadah dari masing- masing golongan agama | |||
4. a. Agama Islam 2) Dapat melakukan sholat berjamaah; 3) Dapat menghafal 5 (lima) macam doa harian dan hafal 5 (lima) surat -surat pendek. | Untuk pengisian pen-capaian mata SKU Keagamaan ini, Diusul-kan untuk dilakukan oleh Pempimpin Umat dari golongan agamanya masing-masing. | |||
4. b Agama Katolik 2) Mengikuti Perayaan Ekaristi hari minggu dan menjadi putera/ puteri altar ; 3) Dapat menyanyikan tiga buah lagu gerejani; | ||||
4. c Agama Protestan 1) Dapat menyanyikan beberapa nyanyian Gereja; 2) Dapat menceritakan dua hikayat dari Alkitab; 3) Dapat melakukan doa sederhana pada kesempatan tertentu; 4) Dapat menyebutkan hari-hari Raya Kristiani. | a. Dapat menyanyikan 3 buah lagu Gereja di depan regunya b. apat menceritakan duahikayat dari Alkitab, 1 dalam Alkitab perjanjian baru dan 1 perjanjian lama c. Dapat berdoa secara sederhana di depan regunya d. Dapat menyebutkan hari-hari Kristiani | |||
4. d Agama Hindu 1) Dapat melafalkan dan mengerti arti dari bait masing masing mantram puja Tri Sandhya dan melaksanakannya / praktik dalam kehi-dupan sehari hari. 2) Dapat menyebutkan nama-nama para Maha Rsi penerima Wahyu. 3) Dapat menyebutkan nama-nama pura dalam cakupan Sad Kahyangan; 4) Dapat menyebutkan tokoh-tokoh dalam epos cerita Mahabha-rata dan Ramayana; 5) Dapat menguraikan arti dan makna kata Tatwamasi. 6) Dapat menguraikan dan menjelaskan fase kehidupan dalam ajaran Catur Asrama. 7) Dapat mempraktikkan lebih dari satu gerakan Yoga Asanas | ||||
4.e Agama Budha 1) Dapat men-jelaskan arti/mak-na symbol yang terdapat di Altar Bud-dha; 2) Dapat menyanyi- kan lagu Panca-sila Buddhis; 3) Dapat melakukan dana paramita | ||||
EMOSI-ONAL | Dapat mengelola emosi dan perasaan nya untuk kestabilan dirinya dan dapat mengelola emosi | Mengenal dan menerima berbagai perasaan serta emosi dan mengenal dan menerima emosi | 5. Dapat Menjelaskan tentang Emosi | a. Dapat menjelaskan macam-macam Emosi di depan regunya b. Dapat menjelaskan penyebab emosi didepan regunya c. Dapat memahami pendapat orang lain dalam pertemuan regu |
6. Dapat menyampa-ikan pendapat dengan baik dalam suatu pertemuan Pasukan Penggalang. | Dapat menyampaikan pendapat dengan benar dalam suatu pertemuan pasukan | |||
SOSIAL | Mampu menerima dan mendorong orang lain untuk menaati norma-norma dan nilai-nilai yang berada di masya rakat lingkung- anya. | Menerima dan mematuhi peraturan yang di ciptakan masyarakat dengan rasa tanggung jawab. | 7. Dapat mengetahui dan menjelaskan manfaat dari penghi-jauan | a. Dapat menyebutkan minimal 5 manfaat penghijauan b. Dapat menyebutkan fungsi dan manfaat dari Pohon dan tetumbuhan |
8. Dapat mengetahui dan memahami tentang hak perlin-dungan anak. | Telah mengetahui dan memahami tentang hak perlindungan anak | |||
9. Ikut serta dalam kegiatan erkemahan Penggalang minimal 2 hari, sesuai dengan standar perkemahan | a. Dapat menunjukan bukti fisik ikut serta perkemahan di gugus depannya atau kwartir b. Membuat laporan mengikuti perkemahan | |||
10. Dapat menyebutkan tanda- tanda penge-nal Gerakan Pramu-ka sesuai dengan golongan dan tingkatannya | a. Dapat menyebutkan tanda-tanda pengenal umum dalam Gerak- an Pramuka b. Dapat menunjukkan penempatan tanda-tanda pengenal pada baju seragam Pramuka sesuai golongannya | |||
11. Mengetahui nama ketua RT hingga Lurah, Camat dan tokoh masyarakat atau setingkatnya di tempat tinggalnya. | a. Dapat menyebut nama dan alamat tinggal pejabat RT hingga Lurah yang dibuktikan dengan tanda tangan dan stempel b. Dapat menyebutkan tokoh masyarakat ditempat tinggalnya | |||
12. Dapat mengetahui dan menyebutkan Kode Kehormatan Pramuka Penggalang | a. Dapat menuliskan Tri Satya golongan Penggalang pada secarik kertas. b. Dapat menunjukkan sikap yang benar pada saat pengucapan Tri Satya c. Dapat menuliskan Dasa Darma Pramuka pada secarik kertas | |||
13.Rajin dan giat mengikuti latihan pasukan Penggalang sekurang-kurangnya 8 kali latihan berturut-turut | Rajin dan giat mengikuti latihan pasukan Penggalang sekurang-kurangnya 8 kali latihan berturut-turut | |||
14.Tahu tentang : a. Salam Pramuka b. Motto c. arti Lambang Gerakan Pramuka. | a. Dapat menyebutkan: kepada siapa saja pemberian Salam/hormat Pramuka b. Dapat menyebutkan Motto Gerak c. Tahu Pencipta Lambang Gerakan Pramukaan Pramuka | |||
15. Dapat menjelaskan sejarah dan kiasan warna serta cara menggunakan bendera merah putih | a. Tahu macam-macam ukuran dan penempatan kegunaan bendera merah putih b. Tahu cara menaikkan danMenurunkan bendera 1/2tiang c. Tahu waktu pengibaran dan penurunan bendera Merah Putih d. Tahu kapan pertama kali bendera Merah Putih dikibarkan. | |||
16. Dapat menjelaskan dan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dengan sikap yang benar serta dapat menyanyikan 2 lagu wajib Nasional dan 1 lagu daerah nusantara | a. Dapat menuliskan Lagu Indonesia Raya bait 1 pada selembar kertas b. Tahu pencipta Lagu Indonesia Raya dan tahun ciptaanya c. Pernah menyanyikan Lagu Indonesia Raya di depan Pasukan Penggalang pada waktu Upacara Bendera d. Dapat menyanyikan 2 lagu wajib Nasional dan 1 lagu daerah nusantara | |||
17. Dapat menjelaskan tentang lambing Negara RI | a. Dapat menyebutkan dimana saja penggunaan lambing Indonesia b. Tahu lambang-lambang 5 (lima) dasar Pancasila c. Tahu penempatan lambang- lambang tersebut pada perisai Burung Garuda | |||
18. Dapat enggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar | Pemberian penugasan pengamatan kepada Orang Tua, akan kebiasaan putera/ puterinya di rumah dalam menggunakan Bahasa Indonesia | |||
19. Telah menabung secara rutin dan setia membayar uang iuran untuk regunya yang diperoleh dari usahanya sendiri | a. Memiliki Buku Tabungan Individu maupun Regu b. Dapat menjelaskan fungsi menabung | |||
INTELEK- TUAL | Mampu Menganalisis situasi dan menyikapi nya serta mengaplika sikan iptek, dan keterampilan kepramuka an secara kreatif dan inovatif. | Memahami pentingnya perkembangan iptek, dan ketrampilan kepramukaan | 20. Dapat menyebut-kan dan menjelas-kan manfaat sedikitnya 2 jenis alat teknologi informasi modern | Dapat menyebutkan peralatan yang masuk kategori teknologi modern dan manfaatnya contoh Komputer dan telpon seluler |
21. Dapat mengenal dan memilah sampah | a. Dapat memilah golongan sampah basah dan kering b. Dapat menyebutkan 3 langkah pengelolaan sampah di rumah tangga c. Dapat menyebutkan sampah organik mudah busuk d. Dapat menyebutkan sampah anorganik tidak mudah busuk | |||
22. Dapat menjelaskan teknik penjernihan air | a. Dapat menyebutkan 3 macam jenis penjernihan air b. Dapat menyebutkan minimal 5 Teknik Penyaringan air | |||
23. Dapat membuat dan menggunakan simpul mati, simpul hidup, simpul anyam, simpul tiang, simpul pangkal dan dapat menyusuk tali, membuat ikatan serta menyambung dua tongkat | a. Dapat membuat simpul-simpul b. Dapat mengikat 3 (tiga) batang tongkat pramuka menjadi satu bagian c. Dapat menyambung 2 (dua) utas tali sesuai dengan fungsi dan gunanya d. Dapat menjelaskan fungsi dari masing-masing simpul e. Dapat menyebutkan jumlah ikatan yang diketahui | |||
24. Dapat menjelaskan kompas, menaksir tinggi dan lebar | a. Dapat menyebut 16 arah mata angin dan besaran derajatnya dengan kompas b. Tahu dan dapat menyebut jenis-jenis kompas c. Dapat menjelaskan alasan Jarum magnet kompas selalu ke arah Utara d. Dapat melakukan kegiat-an menaksir tinggi pohon dan lebar sungai e. Dapat menunjukkan arah mata angin tanpa menggunakan kompas | |||
25. Mengenal macam-macam sandi, isyarat morse dan semaphore | a. Dapat menyebutkan macam-macam sandi b. Dapat menunjukkan perbedaan bendera semaphore dan Morse c. Tahu ukuran bendera sempahore dan morse d. Dapat menunjukkan sikapyang benar ketika engirim dan menerima berita | |||
FISIK | Mampu Menjelaskan perbedaan antara per- tumbuhan dan perkembangan tubuh (fisik dan psikis), termasuk kesehatan lingkungan. | Memiliki pengetahuan membentuk tubuh yang kuat, menjaga kesehatan pribadi dan lingkungannya serta menge-tahui erubahan yang terjadi pada perkem- bangan fisik maupun psikisnya. | 26. Selalu berpakaian rapih, memelihara, kesehatan dan kebersihan diri serta lingkungan-nya. | a. Selalu menggunakan seragam Pramuka yang bersih dan rapih serta sesuai dengan peraturannya b. Pernah memelihara kesehatan dan kebersihan lingkungannya c. Selalu menjaga ebersihan dan kesehatan diri |
27. Dapat baris-berbaris | a. Dapat melakukan gerakan aba-aba ditempat dengan baik dan benar: siap, istirahat ditempat, hadap kanan, d)hadap kiri, balik kanan, lencang depan, lencang kanan. b. Dapat melakukan perintah aba-aba maju jalan, berhenti, Dll c. Dapat melakukan baris- berbaris dengan membawa tongkat | |||
28. Dapat menjelaskan sedikitnya 3 cabang olahraga dan dapat melakukan 2 jenis cabang olah raga, salah satunya olahraga Renang | a. Dapat menyebutkan pembagian macam/jenis olah raga b. Dapat menyebutkan cabang olahraga modern | |||
9. Mengetahui adanya perbedaan perkembangan fisik tubuh | Mengenal ciri-ciri dasar fisik, seperti: a. Bentuk badan ; b. Bentuk muka c. Ukuran tubuh ; d. ben-tuk kaki Sikap membuka diri terhadap satu sama lain merupakan sikap : a. Si-kap eksklusif ; b. Sikap terbuka c. Sikap optimis ; d. Sikap inklusif | |||
30. Selalu melakukan aktifitas fisik tiap hari sedikitnya 30 menit | Rajin melakukan aktifitas fisik tiap hari sedikitnya 30 menit dan dapat menunjukan buktinya |
Lihat entri/topik terkait :
Syarat Kecakapan Umum Penggalang Ramu
Cara Menguji Tanda Kecakapan Gerakan Pramuka
Sumber :
KEPUTUSAN KWARTIR NASIONAL GERAKAN PRAMUKA, No: 199 TAHUN 2011 TENTANG PANDUAN PENYELESAIAN SYARAT KECAKAPAN UMUM
Syarat Kecakapan Umum Penggalang Ramu
Cara Menguji Tanda Kecakapan Gerakan Pramuka
Sumber :
KEPUTUSAN KWARTIR NASIONAL GERAKAN PRAMUKA, No: 199 TAHUN 2011 TENTANG PANDUAN PENYELESAIAN SYARAT KECAKAPAN UMUM
Tidak ada komentar:
Posting Komentar