Sabtu, 15 Desember 2012

Permainan Penggalang : "Seven Booms"



Konsep
Permainan "seven booms" sangat baik untuk melatih konsentrasi dan kemampuan berhitung para pramuka penggalang. Permainan ini sangat sederhana karana hanya membutuhkan kemampuan berhitung dan berkonsentrasi. Namun demikian terampil berhitung saja tanpa bisa berkonsentrasi bisa mengakibatkan gagal dalam bermain, sebaliknya meski sudah konsentrasi penuh namun kurang cermar berhitung juga akan mengalami kegagalan pula. Permainan ini menjadi menarik dan meriah, jika dikombinasikan dengan  tepuk tangan, nyanyi, menari dan berbagai atraksi lainnya. Permainan ini semakin lama akan semakin menegangkan jika pilihan angkanya makin tinggi dan makin sulit.

Alur pemainan
  • Pembina atau Pb Pembina mengatur pasukan penggalang kedalam sebuah lingkaran besar dan dalam posisi duduk, Kakak Pembina atau Pb Pembina berada di tengah lingkaran.
  • Sebelum bermain Pembina atau Pb Pembina bisa mengantarkan permainan ini dengan menjelaskan arti penting konsentrasi dan pentingnya kemampuan matematis dalam kehidupan sehari-hari.
  • Pembina menjelaskan tentang makna permainan "seven boom" yang intinya adalah berhitung secara bergiliran, kemudian ketika tiba pada angka yang ada unsur tujuh maka harus diganti dengan kata-kata "boom"
  • Sebelum permainan mulai Pembina atau Pb Pembina bisa mengajak para Penggalang untuk berlatih dahulu atau simulasi.
  • Permainan siap dimulai, Pembina atau Pb Pembina mengacak lingkaran lagi supaya berbeda dengan lingkaran yang digunakan saat simulasi.

Spesifikasi
  • Format              ;  Permainan Pasukan
  • Waktu               :  Fleksibel  (disarankan tidak lebih dari 15 menit)
  • Tempat             :  Di dalam atau di luar ruangan

Manfaat
  • Melatih dan menguji  konsentrasi para penggalang
  • Melatih kecerdasan mathematical para penggalang
  • Melatih untuk berfikir cepat dan bekerja cepat dan tepat.
  • Melatih pentingnya kerjasama dan  memperhatikan orang disekeliling dirinta.

Prosedur Bermain

Tahap pemanasan dan penjelasan
  • Kakak Pembina berdiri di tengah-tengah lingkaran memberikan salam pramuka, membuka acara dengan nyanyi, tepuk tangan, cerita lucu atau bahkan meminta 1 atau 2 orang Penggalang untuk maju untu bermain bersama dengan Kakak Pembina.
  • Kakak Pembina menjelaskan tentang permainan  "seven boms", yaitu permainan  berhitung dari satu orang ke orang lainnya secara berurutan,  dengan ketentuan :
  • Jika sampai pada hitungan  kelipatan 7 (misal 7, 14, 21 dst) maka peserta tesebut harus menyebut kata "booms".  
  • Kata "booms" juga tidak hanya angka kelipatan 7,  namun termasuk jika jatuh pada hitungan yang ada unsur angka 7 (misalnya 17, 27, 70 dan sejenisnya), maka peserta juga harus  menyebutkan kata  "Booms".
  • Peserta yang berada disamping teman yang mendapat giliran menyebutkan kata "boom", harus  melanjutkan hitungan seperti biasa (misalnya peserta menyebutkan boom pada angka ke 7, maka peserta selanjutnya melanjutkan menyebutkan angka delapan dan seterusnya). 
  • Apabila peserta salah menyebutkan angka atau "booms"  maka peserta tersebut dianggap gugur dan harus dikeluarkan dari barisan. Lalu permainan diulang dengan menyebutkan angka satu dan seterusnya dimulai dari peserta setelah peserta yang gugur.
  • Permainan dilanjutkan sampai semua peserta bersisa satu.
  • Pembina mengajak para penggalang untuk mensimulasikan permainan yang sudah dijelasakan. Hasil simulasi didiskusikan sebentar, setelah semua penggalang memahami maka permainan dimulai. Pembina mengacak posisi lingkaran para penggalang agar tidak sama dengan lingkaran saat simulasi.
Tahap pelaksanaan permainan

  • Kakak Pembina menunjukan 1 orang penggalang yang akan dijadikan sebagai  penghitung pertama.
  • Kakak Pembina memberi aba-aba mulai. Para penggalang mulai menghitung berurutan  mulai dari penggalang pertama yang menyebut angka 1, dilanjukan penggalang kedua yang menyebut akngka 2, penggalang berikutnya 3,4,5,6, penggalang ketujug berteriak lantang "booms" penggalang disampingnya melanjutkan 8,9,10,11,12,13, penggalang ke 14 berteriak "booms", penggalang disampingnya melanjutkan hitungan ke 15, 16, penggalang ke 17 berteriak "booms", demikian seterusnya.
  • Penggalang yang salah baik saat berkata "booms" maupun melanjutkan hitungan, dianggap masuk kotak dan dikumpulkan jadi satu.
  • Permainan dilanjutkan hingga dianggap cukup.
Tahap akhir

  • Kakak Pembina menayangkan kepada para penggalang apa pengalaman yang didapat.
  • Pengalaman para penggalang di catat point-pointnya untuk selanjutnya didiskusikan
  • Kakak Pembina menunjuk salah satu orang penggalang untuk memimpin diskusi dengan  arahan dan bantuan dari Kakak Pembina.
  • Selesai diskusi Kakak Pembina menyimpulkan hasil-hasilnya dengan tidak lupa menanamkan nilai-nilai dan pengalaman baru bagi para Penggalang yang akan berguna bagi kehidupannya.
Dikusi dan Kesimpulan
  • Berkonsentrasi dalam suasana yang riuh cenderung lebih sulit daripada dalam suasana yang tenang, oleh sebab itu dalam suasana riuh konsentrasi membutuhkan fokus.
  • Memahami apa tugas dan pekerjaa orang di kanan kiri kita berada akan sangat membantu untuk kesuksesan pekerjaan yang sedang kita laksanakan.
  • Kemampuan menghitung perlu terus dilatih sebab kemampuan menghitung secara cepat dapat menjadi alat yang baik untuk melatih konsentrasi, dsb.


Penutup
Permainan ini bisa digunakan untuk berbagai kelompok umur dengan modifikasi seperlunya, termasuk tidak harus angka 7, tidak harus jumlah, kelipatan tetapi bisa juga  berbagai "jenis operasi matematika" lainnya.

Selamat  Memandu, Salam Pramuka.



Sumber :
Ditulis dari berbagai sumber, diadaptasi seperlunya untuk keperluan "ensklopedi paramuka"  (-aiw)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar