Pengantar
Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka, pasal 19 ayat 1 menyatakan bahwa : Metode Kepramukaan merupakan cara belajar interaktif progresif melalui:
- Pengamalan Kode Kehormatan Pramuka;
- Belajar sambil melakukan;
- Sistem beregu;
- Kegiatan yang menantang dan menarik serta mengandung pendidikan yang sesuai dengan perkembangan rohani dan jasmani anggota muda;
- Kegiatan di alam terbuka;
- Kemitraan dengan anggota dewasa dalam setiap kegiatan;
- Sistem tanda kecakapan;
- Sistem satuan terpisah untuk putra dan untuk putri;
- Kiasan dasar.
Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka pasal 27, ayat 1 & 2 menjelaskan bahwa yang dimaksud adalah :
- Tanda kecakapan adalah bukti yang diberikan kepada Pramuka yang telah menghayati dan mengamalkan nilai-nilai kepramukaan serta telah memiliki keterampilan tertentu.
- Sistem tanda kecakapan bertujuan mendorong dan merangsang para Pramuka agar secara bersungguh-sungguh menghayati dan mengamalkan nilai-nilai kepramukaan serta memiliki berbagai keterampilan tertentu.
- Setiap Pramuka wajib berupaya memiliki keterampilan yang berguna bagi kehidupan diri dan baktinya kepada masyarakat.
- Para Pembina harus berupaya semaksimal mungkin agar para peserta didiknya mampu mencapai Penegak Bantara, dengan panduan dan kisi-kisi meteri di bawah ini yang dapat dijadikan sebagai acuan penyelenggaraan ujian SKU Bantara.
- Proses ujian yang menarik, menyenangkan, memberdayakan kemampuan personal, mengembangkan kreatifitas serta memperhatikan secara mendalam karakter dan perbedaan individual (individual defferences) merupakan kunci sukses didalam mengantarkan para Penegak untuk meraih SKU sebagaimana ketetapan yang berlaku.
Area Pengembangan | Standard Kompetensi | Butir SKU | Pencapaian SKU | |
Kompetensi Akhir | Komptensi Dasar | |||
SPIRITUAL | Taat Beriba-dah,Menga- malkan ajaran agaMa dan kepercayaan yang diyakininya, serta menghormati agama dan kepercayaan orang lain. | Mampu mempersiapkan dan melaksa- nakan kegiatan-kegiatan yang bernilai spiritual. Mampu melaksanakan ibadah sehari-hari sesuai dengan keyakinannya. | 1.a. Agama Islam 1) Dapat menjelaskan makna Rukun Iman dan Rukun Islam. 2) Mampu menjelaskan makna Sholat berjamaah dan dapat mendirikan Sholat sunah secara individu 3) Mampu menjelaskan makna berpuasa serta macam-macam Puasa. 4) Tahu tata cara merawat atau mengurus jenazah (Tajhizul Jenazah) 5) Dapat membaca doa Ijab Qobul Zakat 6) Dapat menghafal minimal sebuah hadist dan menjelaskan hadist tersebut. | 1) Dapat menyebutkan Rukun Iman dan Rukun Islam 2) Dapat menjelaskan makna yang terkandung dalam Rukun Iman 3) Dapat menjelaskan makna yang terkandung dalam Rukun Islam 4) Dapat menjelaskan keutamaan sholat berjamaah. 5) Setiap Saat melakukan Sholat Wajib dan dilanjutkan dengan Sholat Sunah, 6) Menyebutkan minimal 5 jenis sholat sunah dan tata caranya 7) Dapat menjelaskan hikmah puasa 8) Dapat menjelaskan jenis-jenis puasa (puasa wajib dan puasa sunah) 9) Dapat menjelaskan syarat wajib puasa 10) Dapat menjelaskan syarat sah puasa 11) Dapat menjelaskan rukun puasa 12) Dapat menyebutkan HukumMerawat Jenazah 13) Dapat menyebutkan Tazhijul Jenazah (Tata Cara Merawat Jenazah) 14) Dapat menyebutkan Doa Ijab Qabul Zakat Fitrah 15) Dapat menyebutkan dan menjelaskan sebuah hadist. |
1.b. Agama Katholik 1) Tahu dan paham makna dan arti Gereja Katolik 2) Dapat memimpin doa dan membangun serta membuat gerakan cinta kasih pada keberagaman agama di luar Gereja Katolik | Pengisian/ujian dapat melalui tokoh agama, guru agama dan orang tuanya | |||
1.c. Agama Protestan Mendalami Hukum Kasih dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari | 1) Dapat melaksanakan hukum kasih 2) Selalu mengikuti kebaktian dan aktifitas di gerejanya 3) Memimpin do’a dalam pertemuan penegak 4) Menolong orang lain tanpa pembedaan 5) Mengikuti aktifitas kemanusiaan 6) Membantu pelayanan sekolah minggu di gerejanya. | |||
1.d. Agama Hindu 1) Dapat menjelaskan sejarah perkembangan agama Hindu di Indonesia. 2) Dapat menjelaskan makna dan hakikat dari tujuan melaksanakan persembahyangan sehari-hari dan hari besar keagamaan Hindu. 3) Dapat menjelaskan maksud dan tujuan kelahiran menjadi manusia menurut agama Hindu 4) Dapat menjelaskan makna dan hakekat ajaran Tri Hita Karana dengan pelestarian alam lingkungan 5) Dapat mempraktikkan bentuk gerakan Asanas dari Hatta Yoga 6) Dapat melafalkan dan mengkidungkan salah satu bentuk Dharma Gita 7) Dapat mendeskripsikan struktur , fungsi dan sejarah pura dalam cakupan Sad Kahyangan. | Pengisian melalui tokoh agama, guru agama dan orang tuanya | |||
1.e. Agaa Budha 1) Saddha Mengungkapkan Buddha Dharma sebagai salah satu agama 2) Merumuskan dasar-dasar keyakinan dan cara mengembangkan-nya 3) Menjelaskan sejarah Buddha Gotama 4) Menjelaskan Tiratanasebagai pelindung 5) Menjelaskan kisah-kisah sejarah penulisan kitab suci tripitaka | Pengisian melalui tokoh agama, guru agama dan orang tuanya | |||
EMOSIO-NAL | Mampu Menentukan sikap dan gaya hidup serta merencanakan Masa depan dan pekerjaannya. | Mampu Berkomunikasi dengan orang tua dan teman secara santun. Mampu mengendalikan emosi danberfikir secara logis Mampu menyampaikan pendapat dan menerima perbedaan pendapat engan tidak menyinggung perasaan orang lain | 2. Berani menyampaikan kritik dan saran dengan sopan & santun kepada sesama teman | 1) Berani mengemukakan saran dengan sopan dan santun, tanpa menyinggung teman 2) Dapat mengungkapkan alasan 3) Dapat memilih kata-kata yang tidak menyinggung temannya 4) Tahu waktu yang tepat untuk menyampaikan kritikan 5) Dapat membaca perasaan teman |
3. Dapat mengikuti jalannya diskusi dengan baik | 1) Memahami Tata tertib berdiskusi 2) Turut aktif dalam suatu proses diskusi | |||
SOSI-AL | Mampu Bekerja sama dalam tim,berkomunikasi dan menjaga kelestarian lingkungan serta memiliki kepedulian sosial. | Mampu mengenal Kepribadian orang Lain dan tidak Berprasangka buruk. Mampu memimpin Kelompoknya dan Memberikan KontribusI terhadap organisasi sosial lain Yang dilakukan secaraindividu maupun kelompok. | 4. Dapat saling menghormati dan toleransi dalam bakti antar umat beragama | 1) Selalu mengingatkan anggota lain untuk menunaikan kewajiban agamanya 2) Tahu cara bersikap ketika oranglain melakukan kewajiban agamanya |
5. Mengikuti pertemuan Ambalan sekurang- kurangnya 2 kali setiap bulan | Mengikuti pertemuan Ambalan sekurang-kurangnya 2 kali setiap bulan | |||
6. Setia membayar iuran kepada gugus depan, dengan uang yang diperoleh dari usaha sendiri. | Membayar iuran kepada gugus depan setiap kali latihan mingguan dengan uang yang diperoleh dari usaha sendiri | |||
7. Dapat berbahasa Indonesia dengan baik dan benar dalam pergaulan sehari-har | Selalu menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar dalam pergaulan sehari-hari | |||
8. Telah membantu mengelola kegiatan di Ambalan. | Aktif dan terlibat dalam Sangga Kerja kegiatan ambalan. | |||
9. Telah ikut aktif kerja bakti di masyarakat minimal 2 kalI | Minimal 2 kali mengikuti kegiatan kerja bakti di lingkungan tempat tinggalnya | |||
10.Dapat menampilkan kesenian daerah di depan umum minimal satu kali. | Secara Perorangan maupun bersama teman-temannya menampilkan salah satu kesenian daerah | |||
INTE-LEK-TUAL | Mampu menunjukkan semangat dan daya kreativitas yang tinggi dalam mengaplikasikan pengetahuan, teknologi dan keterampilan kepramukaan yang dimilikinya. | Mampumemilih bidang pengetahuan yang diminati untuk menunjangcita- citanya. Mampu Membuat kesimpulan,kritik dan saran terhadap hal yang dipelajari. Mampu berpartisipasi aktif dalamkegiatan teknologi tepat guna. | 11. Mengenal, mengerti dan memahami isi AD & ART Gerakan Pramuka | 1) Dapat menyebutkan nomor keputusan Presiden tentang Gerakan pramuka. 2) Dapat menyebutkan Nomor keputusan Ketua Kwarnastentang ART Gerakan Pramuka 3) Dapat menyebutkan pasal-pasal pokok tentang tujuan, tugas pokok, prinsip dasar kepramukaanmetode kepramukaan. |
12. Dapat menjelaskan sejarah Kepramukaan Indonesia dan dUNIA | 1) Dapat menyebutkan pendiri Kepramukaan dunia, sejarah Pramuka dunia dan buku-buku yang dihasilkan oleh Baden Powell. 2) Dapat menceritakan masuknya kepramukaan ke Indonesia. 3) Dapat menceritakan perkembangan kepramukaan Indonesia sampai saat ini | |||
13. Dapat menggunakan jam, kompas, tanda jejak dan tanda-tanda alam lainnya dalam pengembaraan. | Dalam suatu pengembaraan Pembina dapat memberikan tugas berupa : 1) Memperkirakan waktu tanpamelihat jam 2) Menjelaskan bagian-Nagian dari kompas,azimuth dan back azimuth,resection dan intersection 3) Membaca dan membuat tanda jejak dan tanda alam serta membuat peta perjalanannya | |||
14. Dapat menjelaskan bentuk pengamalan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. | Dapat menyebutkan butir-butir Pancasila dan menyampaikan contoh- contohnya dalam kehidupan sehari- hari | |||
15. Dapat menjelaskan tentang organisasi ASEAN dan PBB. | 1) Dapat menjelaskan ASEAN, Nama sekretaris jenderal ASEAN, alamat secretariat jenderal ASEAN serta organisasi di bawah ASEAN 2) Dapat menjelaskan PBB, Nama sekjen PBB, alamat secretariat PBB serta organisasi-organisasi di bawah PBB. | |||
16. Dapat menjelaskan tentang Kewirausahaan | Menjelaskan dan telah melakukan salah satu kegiatan Kewirausahaan. | |||
17. Dapat mendaur ulang barang bekas menjadi barang yang bermanfaat | Dapat menjelaskan prosesnya serta menunjukan hasil daur ulang | |||
18. Dapat menerapkan pengetahuannya tentang tali temali dan pionering dalam kehidupan sehari-hari. | dapat menggunakan simpul dan ikatan dalam kehidupan sehari-hari | |||
FISIK | mampu melindungi kesehatan dan dapat menerimakondisi fisiknya, memanfaatkannya serta memiliki sportifitas dan kesadaran hidup sehat | Mampu menjaga Kebugaran tubuhnya agar tetap sehat dan primaserta memanfaatkan kemampuan fisiknya. Mampu Menjelaskan perbedaan perkembangan fisik danpsikologis Antara lelakidan perempuan. | 19. Selalu berolahraga, mampu melakukan olahraga renang gaya bebas dan menguasai 1 (satu) cabang olahraga tim. | 1) Minimal 1 minggu sekali melakukan olahraga secara teratur. 2) Melakukan gerakan renang gaya bebas dengan benar. 3) Dapat menjelaskan peraturan permainan satu cabang olahrag tim |
20. Dapat menjelaskan perkembangan fisik laki-laki dan perempuan | Dapat menjelaskan di depan Ambalannya tentang perkembangan fisik dan psikis laki-laki dan perempuan | |||
21. Dapat memimpin baris berbaris dan menjelaskanperaturannya kepada anggota sangganya. | 1) Dapat menjelaskan 15 gerakan baris-berbaris di depan anggota sangganya. 2) Dapat memimpin baris berbaris | |||
22. Dapat menyebutkan beberapa penyakit infeksi, degeneratif dan penyakit yang disebabkan perilakutidak sehat. | 1) Dapat menyebutkan sedikitnya 3 penyakit infeksi dan penyebabnya 2) Dapat menyebutkan sedikitnya 3 penyakit degeneratif dan penyebabnya 3) Dapat menyebutkan sedikitnya 3 penyakit yang disebabkan prilaku tidak sehat | |||
23. Ikut serta dalam perkemahan selama 3 hari berturut – turut | Aktif dalam mengikuti kegiatan perkemahan selama 3 hari berturut- turut |
Pola Pembinaan Pramuka Penegak Pandega
Area Pengembangan Pramuka Penegak
Fungsi Pembina Pramuka Penegak
Tanda Kecakapan Pramuka Penegak Pandega
Ambalan Penegak
Struktur Organisasi Ambalan Penegak
Sumber :
Lampiran III : Keputusan Kwarnas Gerakan Pramuka No. 199 Tahun 2011
Tentang Panduan Penyelesaian SKU Pramuka Penegak
Area Pengembangan Pramuka Penegak
Fungsi Pembina Pramuka Penegak
Tanda Kecakapan Pramuka Penegak Pandega
Ambalan Penegak
Struktur Organisasi Ambalan Penegak
Sumber :
Lampiran III : Keputusan Kwarnas Gerakan Pramuka No. 199 Tahun 2011
Tentang Panduan Penyelesaian SKU Pramuka Penegak
Tidak ada komentar:
Posting Komentar